Panduan Penggunaan e-Library BDK Makassar

Untuk memudahkan layanan perpustakaan BDK Makassar, maka di rancang perpustakaan online. Sebagai perpustakaan online, maka katagolisasi menjadi lebih mudah. Sejak Online katalogisasi digunakan sudah sangat meningkatkan kegunaan dari katalog, mulai mesin Readable Katalogisasi = standar MARC pada tahun 1960. Aturan yang mengatur penciptaan katalog MARC catatan meliputi tidak hanya formal aturan katalogisasi seperti AACR2 tetapi juga peraturan khusus yang spesifik untuk MARC, yang tersedia di Perpustakaan Kongres dan juga OCLC. MARC awalnya digunakan untuk mengotomatisasi pembuatan kartu katalog fisik; Sekarang file komputer MARC diakses secara langsung dalam proses pencarian. OPACs telah meningkatkan kegunaan atas format kartu tradisional karena:

  1. Katalog online tidak perlu diurutkan statis, pengguna dapat memilih penulis, judul, kata kunci, atau susunan yang sistematis secara dinamis.
  2. Kebanyakan katalog online menawarkan fasilitas pencarian untuk setiap kata dari judul, tujuan dari urutan kata grammatic (memberikan sebuah entri pada kata bahwa sebagian besar pengguna akan mencari) dicapai lebih baik.
  3. Banyak katalog online memungkinkan hubungan antara beberapa varian dari nama pengarang. Jadi, penulis dapat ditemukan baik di bawah nama asli dan standar (jika dimasukkan dengan baik oleh katalog tersebut).
  4. Penghapusan kartu kertas telah membuat informasi lebih mudah diakses oleh banyak orang penyandang cacat, seperti tunanetra, pengguna kursi roda, dan mereka yang menderita alergi cetakan.